Investasi Bisnis OnlineDEDEYAHYA.web.id

Ujian Hidup Masalah Yang Besar

(25 Views) | Gold Roger

Dalam mejalani kehidupan, sebagai manusia kita sering dihadapkan kepada berbagai macam ujian berupa banyaknya persoalan-persoalan yang membuat kita merasa terbebani karenanya. Padahal jika kita sadari dan renungkan lebih seksama, suatu persoalan sebenarnya datang kepada kita sebagai ujian yang harus kita jalani dan selesaikan. Akan tetapi, kebanyakan dari kita sering merasa terbebani dengan persoalan yang datang tersebut, dimana ujian itu lebih banyak tidak sesuai dengan kenyataan serta harapan dan keinginan kita.

Dalam menilai kualitas sesuatu, kita memerlukan adanya uji coba terlebih dahulu terhadap sesuatu itu, semisal kita hendak membeli jeruk, sebuah jeruk dapat diketahui rasanya manis atau tidak setelah menjalani proses uji coba terlebih dahulu. Hal ini berlaku sama bagi kita sebagai manusia, kualitas seseorang akan kita ketahui setelah orang tersebut menjalani adanya uji coba atau ujian yang dia jalani sebagaimana jeruk tadi.

Menghadapi Ujian Hidup

Di dalam literatur keagamaan, Allah telah berfirman dalam surat Al-baqarah ayat 155 yang didalamnya dijelaskan terdapat adanya 5 macam jenis ujian, diantaranya adalah manusia akan diuji dengan sebagian kecil dari rasa takut, rasa lapar, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Tidak sedikit dari kita, ketika mendengar akan ada ujian saja kita sudah merasa takut dan merasa gelisah, perasaan-perasaan seperti itu bukannya memberikan dorongan positif kepada kita, melainkan malah membuat kita terjebak kepada kurang percaya diri dan kurang yakinnya kita pada potensi dan kemampuan yang kita miliki. Ketika kita memikirkan sesuatu, kita cenderung selalu terfokus kepada sesuatu yang kita pikirkan tersebut, keragu-raguanpun biasanya datang menghinggapi pikiran kita, padahal keragu-raguan yang ada pada diri kita tidaklah memberikan suatu kepastian kepada kita, melainkan malah menjadi bumerang yang membuat kita putus asa sebagi manusia yang tidak memiliki keyakinan dalam hidupnya.

Di dalam ajaran Islam kita mengenal adanya beberapa jenis ujian, diantaranya ujian yang baik (hasanat) dan ujian yang buruk (sayyiat). Kita mungkin bisa menghadapi ujian yang buruk yang menimpa kita, tapi tidakkah kita sadar jika kita bisa menghirup udara, kita merasakan kebahagiaan, dan juga kesehatan yang dikaruniakan Allah kepada kita juga merupakan sebuah ujian (ujian yang baik) untuk kita dan kita perlu mensyukurinya. Oleh karena itu, jika ada ujian-ujian buruk yang menimpa kita, maka hadapilah ujian itu dengan penuh kesabaran dalam menghadapinya, sebaliknya jika banyak anugrah berupa ujian yang baik yang Allah limpahkan untuk kita, kita patut untuk mensyukurinya.

Ajaran agama juga memberikan gambaran dan anjuran yang jelas kepada kita sebagai manusia dan umat Islam, bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya melebihi batas kemampuan hamba itu sendiri. Demikian keterangan yang ada di dalam al-Qur’an menjelaskan demikian. Ujian juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda, semakin tinggi kualitas iman seseorang maka ujian dan persoalan yang di hadapi juga akan semakin berat, seperti orang yang sekolah, semakin tinggi kelas yang ia duduki, maka tingkat kesulitan ujian yang di hadapinya akan semakin sulit.

Kendati demikian, hal-hal yang perlu kita pupuk dan tumbuhkan dalam diri kita adalah berkaitan dengan keyakinan, keyakinan akan senantiasa menumbuhkan rasa kepercayaan yang menyeluruh dan kuat kepada diri kita, disamping itu juga keyakinan akan memberikan kelapangan pada jiwa kita, dan dari kelapangan jiwa nantinya akan memberikan ketentraman dalam kehidupan.

Jika pondasi tempat kita berdiri sudah demikian kokoh dan kuat, maka hantaman dan ujian apapun yang kita hadapi akan terasa mudah untuk kita hadapi. Dan juga keyakinan bahwa segalanya datang dari Allah dan semuanya akan kembali kepada Allah, tidak hanya sebatas kita ketahui sebagai ucapan saja, melainkan lebih dari itu penghayatan akan nilai-nilai ajaran tersebut menjadi sesuatu hal yang prinsipil yang harus kita terapkan dalam kehidupan.

Dari gambaran di atas jelaslah bahwa, kesiapan dan keyakinan kita sangatlah diperlukan dalam menghadapi berbagai macam ujian yang berupa sekelumit persoalan-persoalan yang kita temukan saat ini. Hal ini dikarenakan, terkadang ketika persoalan yang satu belum kita selesaikan, kita sering dihadapkan kepada persoalan-persoalan lain yang sudah menunggu di hadapan kita. Orang bijak pernah berkata “masalah yang kita hadapi tidaklah sebesar kekuatan yang kita miliki”. Yakinkanlah dan tanamkan dalam diri kita bahwa ujian itu ada bukan untuk kita hindari, melainkan untuk kita hadapi, dan juga permasalahan yang kita hadapi tidak sebesar kekuatan yang kita miiki.

Ujian Hidup Masalah Yang Besar
Rate this post

Tanggal : Ujian Hidup Masalah Yang Besar

Saran Pencarian Pengunjung :

    ujian sayyiat
Gold RogerDipublikasikan dan ditulis oleh Gold Roger
Tentang Gold Roger

Kehidupan ini hanya sebuah pilihan, kita diberi hak untuk memilih dengan segala konsekuensinya, jadi jangan sampai salah memilih karena pilihan itu hanya ada di dunia ini.

Tags:
Categorised in: