Investasi Bisnis OnlineDEDEYAHYA.web.id

Permainan Tradisional

(2164 Views) | Mohammad Amar Shodiq

dWipena.com – Setiap daerah pasti memiliki permainan tradisional yang menjadi ciri khas dari tempatnya masing-masing daerah tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, permainan-permainan yang dulu menjadi primadona dan sering dimainkan oleh anak-anak, sekarang sudah mulai tergerus oleh zaman yang dibarengi dengan pesatnya teknologi dan informasi menawarkan lebih banyak kesenangan kepada anak-anak kita.

Sebagai orang-orang terdahulu yang telah mencicipi permainan-permainan tradisional yang ada pada saat itu, tentu menimbulkan kesan yang mendalam bagi kita, karenanya kita bisa merasakan indahnya kebersamaan ketika bermain bersama teman-teman kita, terutama terdapat adanya permainan-permainan yang menuntut adanya kerjasama tim, saling kejar-kejaran satu sama lain. Kenyataan demikian tentu berbanding timbal balik dengan keadaan sekarang ini, dimana anak sekarang lebih suka bermain motor-motoran kesana kemari serta bermain hand phone yang menawarkan berbagai macam aplikasi di dalamnya baik itu berupa permainan, maupun media-media sosial yang lagi digandrungi oleh kaula-kaula muda, anak-anak bahkan orang dewasa. Padahal, dengan adanya hal tersebut, tidak jarang membuat kita terlena dan lupa terhadap waktu serta lupa kepada tugas dan tanggungjawab kita yang lain.

Dalam menyikapi kenyataan demikian, disini ditawarkan beberapa tips agar warisan budaya yang mewujud berupa permainan-permainan tradisional yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita tetap terjaga keberadaannya diantaranya adalah:

  1. Orang tua tidak harus terlalu memanjakan anak-anaknya, hal ini dikarenakan anak-anak kecil zaman sekarang sudah diberikan fasilitas berupa alat-alat elektronik yang canggih. Padahal hal tersebut nantinya malah akan memanjakan mereka, serta membuat mereka kurang bisa mengenal warisan budaya bangsa ini khususnya permainan-permainan tradisional.
  2. Kita sebagai orang dewasa perlu mewariskan dengan mengenalkan permainan-permainan tersebut agar tetap terpelihara keberadaannya. Bukankan pendidikan itu di dalamnya menghendaki adanya proses berupa warisan budaya dari orang terdahulu.
  3. Peran serta pemerintahan daerah sangatlah diperlukan keberadaannya dalam mendukung terjaganya warisan budaya tersebut, yakni dengan mengadakan pameran budaya dan mengundang setiap daerah untuk mengenalkan permainan yang menjadi ciri khas dari daerahnya masing-masing.
  4. Lebih dari itu semua, memang tidaklah mudah dalam melakukan apa yang menjadi cita-cita besar yang ada di atas, karena perlu adanya kerjasama dari semua pihak agar bisa terlaksana.

Perlu disadari bahwa permainan-permainan tradisional yang dulu pernah ada, yang sekarang sudah mulai ditinggalkan berisikan ajaran-ajaran berupa pesan-pesan moral yang telah ada di dalamnya, ada permainan yang menghendaki adanya kerjasama kelompok, dari sana kita bisa belajar tentang kerjasama, ada juga permainan yang menghendaki kita untuk mengerahkan segala aktivitas tubuh kita. Kesimpulannya keseluruhan permainan tradisional yang ada dan yang melibatkan kita untuk berfikir agar memenangkan permainan tersebut, kemudian bekerjasama, serta membuat kita bergerak dengan disertai canda dan tawa tanpa kita saari memberikan manfaat yang banyak bagi perkembangan kognitif (berkaitan dengan proses berpikir), afektif (berkenaan dengan keadaan perasaan dan emosi), dan psikomotoriknya (berkenaan dengan gerak fisik dan berkaitan dengan proses mental).

Permainan Tradisional
Rate this post

Tanggal : Permainan Tradisional

Mohammad Amar ShodiqDipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: