Investasi Bisnis OnlineDEDEYAHYA.web.id

Perawatan Motor

(419 Views) | Mohammad Amar Shodiq

dWipena.com – Demikian pentingnya sepeda motor di dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat transportasi yang digunakan oleh manusia dalam mempermudah segala aktivitasnya, sepeda motor saat ini tidak hanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas saja, melainkan kalangan menengah ke bawah pun telah banyak yang memilikinya. Akan tetapi, terkadang bagi kalangan orang tertentu kepemilikan akan sepeda motor hanya digunakan sebatas untuk kegiatan kesehariannya tanpa memperdulikan perawatan akan sepeda motor itu sendiri.

Tentu kiranya hal di atas menjelaskan bahwa sepeda motor keberadaannya saat ini tidak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia. Meski demikian memang alat transportasi yang digunakan tidak hanya sebatas kepada motor saja, melainkan mobil, kereta, bahkan sampai pesawat juga digunakan sebagai alat transportasi. Hal ini dikarenakan jumlah angka kepemilikan sepeda motor setiap tahunnya selalu menunjukkan peningkatan yang signifikan, karena harganya relatif murah dibandingkan mobil dan yang lainnya.

Dalam pemakaiannya, setiap orang tentu menginginkan sepeda motor yang ia miliki tetap ada dalam keadaan baik, maka perlu kiranya dilakukan perawatan yang rutin baik itu servicenya maupun pengontrolan berkala terhadap suku cadang yang ada di dalam motor tersebut. Hal ini berlaku bagi pemilik kendaraan bermotor, meski memang tidak semua yang memiliki kendaraan bermotor ini mengetahui dan memiliki keahlian akan ilmu mesin serta perawatan akan motornya itu sendiri.

Karenanya, dengan demikian perlu kiranya bagi kita untuk sering memeriksakan keadaan motor kita secara berkala ke bengkel-bengkel resmi motor itu sendiri, maupun bengkel-bengkel biasa yang tersedia. Di samping itu pula, sangat dianjurkan bagi seseorang untuk mengetahui sedikitnya pengetahuan akan perawatan sepeda motornya berjenis apa, baik itu matic, karburator, maupun injeksi. Dan juga hal lain yang dianjurkan adalah bagi pemilik kendaraan bermotor untuk sering bertanya kepada ahlinya tentang bagaimana cara perwatan motor yang baik ketika diservice, ataupun kepada orang-orang yang memang memiliki keahlian akan bidang tersebut.

Dengan begitu, ketika suatu saat ditemukan adanya hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi kepada kita, maka setidaknya ketika tidak ada orang lain yang bisa membantu, dengan pengetahuan kita yang meski sedikit itu akan dapat membantu kita menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kesibukan seseorang terkadang membuatnya kurang begitu memperhatikan motornya dan kurang bisa meluangkan waktu untuk merawat motornya, karenanya setidaknya sebagai pemilik motor dianjurkan bisa meluangkan waktunya sejenak untuk memeriksakan secara berkala, baik itu mengganti olinya dan melakukan pemeriksaan dengan menyervicenya. Hal ini perlu kiranya dilakukan agar keadaan motor tetap awet dan tetap prima dan menjauhkannya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal lain yang terkadang sering dilupakan adalah berkaitan dengan kurangnya perhatian kita untuk membersihkan motor yang telah kita pakai apalagi setelah kehujanan dan kepanasan sehari-hari. Untuk menghindari agar motor tetap awet tidak cepat berkarat dan keropos seseorang harus rajin membersihkan motornya yakni dengan mencucinya. Dengan demikian, maka jika hal-halyang telah dipaparkan di atas dilakukan, maka keadaan motor akan tetap prima dan awet.

Perawatan Motor
Rate this post

Tanggal : Perawatan Motor

Mohammad Amar ShodiqDipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: