Investasi Bisnis OnlineDEDEYAHYA.web.id

Nilai Kehidupan

(839 Views) | Mohammad Amar Shodiq

Berbicara mengeni nilai-nilai, seberapa pentingkah nilai itu bagi kehidupan kita sebagai manusia? Dimana nilai sendiri dianggap sebagai seseuatu yang berharga, dan menjadi semacam penghargaan terhadap segala sesuatu dan usaha yang telah dilakukan oleh seseorang. Penilaian orang akan seseuatu juga memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya tergantung dari sudut pandang mana orang tersebut menilai sesuatu itu. Setiap orang tentu mendambakan mendapatkan nilai yang baik di dalam hidupnya.

Lantas kemudian, seberapa bersarkah peranan nilai yang telah kehidupan ajarkan kepada kita. Orang yang sekolah ketika ia belajar sampai mengikuti ujian wajib yang diselenggarakan sekolah tersebut tentu mengharapkan hasil nilainya nanti memuaskan. Ujian di adakan sebagai tolak ukur untuk menilai kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami pelajaran yang selama ini telah dipelajarinya.

Kemudian berkaitan dengan hal itu, terdapat adanya apa yang kita kenal dengan nilai kehidupan, dimana dari kehidupan kita mengenal dan diajarkan adanya rasa bahagia. dari kehidupan pula kita diajarkan tentang kesedihan dan kekecewaan yang sering kali membuat kita tidak menerimanya karena adanya hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan kita.

Begitu banyaknya hal tentang nilai-nilai yang telah kehidupan ajarkan kepada kita, jika nilai itu begitu berarti dan penting keberadaannya bagi kita, lantas maukah kita mengambilnya dengan meengambil setiap pelajaran yang menjadikannya sebagai nilai kehidupan. Namun kenyataannya sendiri tidak demikian, mungkin sebagai manusia yang berpendidikan ia mengalami apa yang dinamakan belajar, dan nantiya ia akan mendapatkan nilai dari hasil belajarnya, tentu nilai yang ia harapkan adalah nilai yang baik, karena itu nilai merupakan hal yang wajib dan perlu perjuangan untuk mendapatkan nilai yang baik itu.

Begitu pula nilai-nilai telah diajarkan kehidupan kepada kita, dari nilai yang telah kehidupan ajarkan kepada kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, karena tidak semua yang telah terjadi itu bernilai baik untuk kita, tinggal kita yang memilihnya apakah kita akan mengambil nilai baiknya saja atau buruknya juga kita ambil. Segala sesuatu di dunia ini dianggap berharga karena adanya nilai yang dikandung dari sesuatu tersebut, semisal untuk mempelajari suatu bidang keilmuan tertentu, seseorang harus mengeluarkan banyak biaya, disertai perjuangan dan pengorbanan untuk meraihnya. Lantas karena apakah sesuatu itu layak diperjungkan sampai harus mengeluarkan biaya yang banyak dan juga pengorbanan dari kita. Itu semua dikarenakan ilmu pengetahuan itu dianggap sebagai sesuatu yang berharga dan bernilai di dalam kehidupan manusia.

Pentingnya nilai bagi manusia juga mendorong kita agar lebih bisa menghargai apa-apa yang kita miliki di dunia ini. Apa- apa yang dimiliki oleh seseorang tentu sesuatu itu diperoleh melalui adanya jerih payah dan pengorbanan di dalam meraihnya, karenanya sikap penghargaan kita atas apa yang kita miliki di dalam hidup ini juga sangatlah penting kita tumbuhkan. Di samping itu, seseorang juga hendaknya mau merenungkan nilai-nilai kehidupan itu, karena nilai kehidupan memerlukan adanya usaha dan pengobanan dari seseorng di dalam meraihnya, dengan apa, yakni dengan kita mau merenungkannya dan mengambil nilai-nilai yang diajarkan kehidupan kepada kita, dan kita terapkan sebagai cerminan bagi kita agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan ini.

Nilai Kehidupan
Rate this post

Tanggal : Nilai Kehidupan

Mohammad Amar ShodiqDipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: